Togetherness is Everything

PERMASALAHAN SAMPAH

bukitkita.com - Sampah, pastinya kita sudah bosan mendengar kata sampah. Tapi mau bagaimana lagi itu lah kenyataannya. Sampah selalu ada di kehidupan kita, terutama di lingkungan sekitar kita seperti di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.

sampah2

Gambar by : Google

Apalagi yang namanya pasar, dimana ada pasar pasti ada sampah, mengapa bisa begitu? Karena pasar merupakan pusat pembelanjaan dimana penjual dan pembeli bertemu secara langsung dan merupakan kesempatan bagi penjual/pembeli untuk membuang sampah sembarangan tanpa ada yang melarang. Tanpa mereka sadari, satu sampah yang mereka buang bukan pada tempatnya dapat menimbulkan dampak negative bagi mereka. Seperti bau yang tidak sedap, udara yang kotor, hewan-hewan yang menempel pada dagangan mereka seperti lalat, dll.

Nah, bagaimana jika peristiwa membuang sampah sembarangan itu terjadi di lingkungan sekolah? Pasti setiap sekolah ingin memiliki lingkungan yang sehat dan bersih. Karena, lingkungan yang bersih tergantung kepada penghuninya sendiri.

Berbeda dengan siswa-siswi SMPN 2 Luragung. Bukannya menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih malah sebaliknya kotor dan kumuh. Sampah berserakan di mana-mana. Padahal, pihak sekolah sudah memberikan sebuah tempat sampah untuk tiap kelasnya. Malahan pihak sekolah pun menyediakan tempat sampah khusus sampah organic dan non organic.

Bahkan pihak sekolah tidak bosan-bosannya menghimbau siswa-siswi SMPN 2 Luragung agar tidak membuang sampah sembarangan. Dan pihak sekolah pernah membuat peraturan, “Bagi siapa yang membuang sampah sembarangan akan di kenai sanksi dan denda sebesar Rp. 5.000.” Tapi mana? Mana buktinya? Mereka yang membuang sampah sembarangan, nggak pernah tuh di beri sanksi atau di denda. Makanya mereka selalu membuang sampah sembarangan. Dan selalu melanggar peraturan yang ada.

Kami semua berharap, sangat mengharapkan semoga pihak sekolah agar lebih tegas dalam memberi sanksi. Jangan hanya membuat peraturan yang terdapat sanksi tapi tidak pernah di buktikan. BUKTIKAN  BAHWA SANKSI ITU ADA DAN BERLAKU!!! Karena dengan sanksi itulah, mungkin siswa-siswi SMPN 2 Luragung tentunya lebih disiplin, lebih menaati peraturan dan lebih menjaga kebersihan terutama tentang kebersihan sampah. (Jn/bukitkita.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>